Thursday 20 October 2016

Seminar BP3 Facebook Marketing Dan Youtube

Hari ini kampus Asia mengadakan seminar dengan tema Saatnya Jualan Online pematerinya dari alumni asia namanya mas Dedi Fajar S S.Kom beliau praktisi sekaligus konsultan dan Mas Kabul Wahyudi beliau masih aktif sebagai mahasiswa Asia. Disini mas Budi menjelaskan tentang bagaimana jualan dengan cara online yaitu menggunakan sosmed khususnya facebook dan youtube. Dengan gaya bahasa yang khas dan lucu mas Budi ini juga menjelaskan bahwa minimal 2 persen dari kesepakatan internasional adalah pengusaha sisanya 98 persen adalah enginner. Itu artinya sudah saatnya untuk beralih ke bisnis online. Sementara itu di Indonesia baru 0,16 persen menurut Badan Pusat Statistik.
Mas Kabul Wahyudi adalah seorang mahasiswa aktif di Kampus Asia, beliau memulai usaha sejak tahun 2013, pada saat itu beliau memulai bisnis dengan dropship, prinsip mas Kabul dalam menjalani bisnisnya adalah bahwa seorang yang hendak memulai bisnis sebaiknya gak boleh ngutang, harus melakukan riset, dan kata-kata untuk meyakinkan customer, rahasia mas Kabul adalah keuntungan dari dropship digunakan untuk nyetok lagi.
Sekarang banyak orang-orang yang hanya diam saja dirumah tapi uang selalu mengalir, itu karena mereka online di depan leptop mereka. Sekarang apapun bisa dijadikan online, mau jualan sembako sekarang udah online, segala macam kebutuhan sekarang sudah serba online, tinggal search di situs jualan online sudah tersedia banyak disana.
FACEBOOK MARKETING
Tahapan-tahapan Mas Dedi dalam Facebook Marketing Intoduction adalah :
1. Trend gaya hidup
Semuaorang pasti menggunakan facebook, ibu ibu rumah tangga, hingga anak sd pun sudah bisa menggunakan facebook, apalagi trend saat ini aktifitas apapun selalu update status. Maka dari itu mas Dedi memanfaatkan momen ini untuk melakukan bisnis melalui jejaring yang satu ini.
2. Komunitas Besar
Maksudnya yang menggunakan semakin banyak.
3. Interaktif
Banyak yang update Status dang komentarnya pun semakin beragam, semua orang bisa mengakses dan biasanya bersifat public.
4. Facebook tidak memungut biaya (Free)
Karena gratis inilah maka semakin banyak kalangan yang menggunakan facebook.
4 Langkah Jitu Buat Bisnis Anda Maju
1. Riset (penelitian)
· Konsumen siapa? Konsumen yang menjadi sasaran harus tepat dengan kondisi lingkungan. Misal jika di cangar dingin seharusnya jualan selimut bukan es batu tutur mas Dedi.
· Barang Apa ? Barang yang dijual juga harus sesuai dengan minat pasar.
· Dijual dimana? Tempat pun juga sangat berpengaruh dalam melakukan bisnis. Missal di desa gunung tidak cocok jika membuka usaha butik seharusnya jualan sembako lebih diminati disana.
2. Buat Email
Email sebagai tanda identitas dalam merk yang kan dipromosikan, membuat identitas sebaiknya yang gampang diingat orang dan memahami demografi pasar.
3. Buat FB
Sesudah membuat email maka langkah selanjutnya membuat FB, nah untuk membuat nama FB sebaiknya sesuai dengan produk yang akan kita promosikan atau yang akan dijual.
4. Optimasi
Dalam memasarkan produk harus sesuai dengan segmen pasar.
YOUTUBE MARKETING
Yang dimaksud mas Dedi adalah bukan memarketingkan youtube melainkan upaya untuk marketing di dalam youtube, adapun tahapan tahapannya:
ü Judul
Dalam membuat atau mengupload video produk kita sebaiknya lebih interest terhadap judul, karena masyarakat Indonesia kebanyakan hanya melalui kata kata saja mereka bisa saja berpengaruh.
ü Deskripsi
Deskiripsi tidak boleh kosong karena mendeskripsikan produk yang akan di promosikan.
Tips agar video kita banyak di tonton , mas Dedi menambahkan sebaiknya jgn lupa di akhir video sebaiknya di kasih like, coment, share, and subscribe.