Thursday 6 April 2017

Kuliah Tamu BP 4 "Empat Fungsi Bisnis pada Perusahaan Manufaktur"

Assalamua alaikum guys, Kampus Asia mengadakan kuliah tamu nih, temanya “Empat Fungsi Bisnis pada Perusahaan Manufaktur (Marketing, Finance, HRD, Production)”, Pembicaranya adalah Dr. David Sukardi Kodrat, MM., CPM, beliau lulusan Pascasarjana Universitas Ciputra, Ketua UKM Center , Wakil Ketua Asosiasi Persepatuan Indonesia, dan Dewan Kerajinan Nasional Jawa Timur. Dengan penyampaian yang semangat dan lugas membuat waktu tak terasa berjalan cepat, motivasi beliau adalah “MASALAH SAYA HARUS LEBIH KECIL DARI SIKAP SAYA
Beliau mengambil studi kasus tentang Olympic Furniture,
Berawal dari sejarah Olympic owner Bapak Au Bintoro
 beliau menjelaskan bahwa usaha ini dimulai pada tahun 1980, Ia merasa toko furniture terlalu memberatkan konsumen dengan ONGKOS KIRIM yang mahal. Untuk mengangkat dibutuhkan beberapa orang dan tidak bisa mengangkut banyak barang sekaligus.
Agar bisa diangkut dalam jumlah besar, SOLUSInya  membuatnya dapat dibongkar pasang (knock down).
Produknya telah memberi keuntungan, namun Au TIDAK berani menjual secara massal dan lebih memilih menjual melalui PESANAN.
Suatu saat, ada seorang konsumen membatalkan pesan ribuan furniture.
Akibat penumpukan produk dan bahan baku tanpa kepastian, Au nekad menjual meja pesanan itu ke toko-toko furniture. Ternyata LAKU keras dan HABIS terjual.
Memberi MEREK produk “Olympic Furniture” yang terinspirasi dari Olimpiade XXIII tahun 1984.
Saat krisis moneter: harga bahan baku naik, karyawan minta naik gaji, dan 5 dari 10 konsumen membatalkan pesanannya.
Untuk mengatasi ini, perusahaan menjual separuh lahan dan gedung di Sentul yang awalnya direncanakan sebagai pusat produksi terpadu.
Krisis membuat, Au bekerjasama dengan peritel besar seperti Carrefour, Giant, dan gerai kredit Columbia agar konsumen lebih mudah mendapatkan dana. Strategi ini berhasil mengembalikan penjualan olympic ke tingkat semula. Tahun 2003 bekerjasama dengan Garant Mobel International mendirikan Garant Mobel Indonesia (GMI). 

Olympic memiliki saham 75 %. GMI menghubungkan pemasok dan para peritel mebel merek “Garant” asal Jerman dan “merek kelas atas” milik Olympic Group. Usaha ini menciptakan merek MER 


Perkembangan Bisnis
PT. Cahaya Sakti Furintraco
PT. Cahaya Sakti Multi Intraco
PT. Furnimart Mebelindo Sakti
PT. Cahaya Sakti Lintang Surya
Garand Mobel Indonesia
Mempunyai 70 Cabang dengan 36.000 toko baik tradisional retail outlet maupun modern retails outlet dan diekspor ke lebih dari 100 negara.
Kunci Sukses Olympic
1. Melakukan inovasi produk
2. Mengeluarkan produk-produk baru dengan desain
    yang baru
3. Memperkuat pasar lokal
4. Melakukan penetrasi ke pedesaan dengan
    mengembangkan furnimart
5. Melakukan pengembangan SDM 
INTEGRASI FUNGSI MANAJEMEN DALAM PERUSAHAAN MANUFAKTUR
Fungsi Manajemen di Perusahaan Manufaktur


Fungsi Sumber Daya Manusia
Struktur Organisasi

Beda Good Company VS Great Company
1. Kepemimpinan
2. Karyawan yang kompeten pada posisi yang tepat (right
    man on the right place) Siapa ... Apa ...
3. Sikap fokus yang pantang menyerah
4. Menjadi yang terbaik dalam bidangnya
5. Budaya disiplin
6. Teknologi sebagai pengungkit
1. Kepemimpinan Tingkat 5

2. Siapa ... Apa

KSF FUNGSI SDM


Fungsi Produksi
Model Pemikiran Desain Mebel

Konsep Desain
Tips:
1. Padukan aspek estetika emosional dan fungsional
    Rasional.
2. Untuk merangkai elemen-elemen visual dibutuhkan
    komposisi dan proporsi yang selaras dengan “rasa”
    yang “menciptakan” dan selaras dengan “selera”
    yang “menikmati”
3. Desain yang baik memiliki kecenderungan untuk
    memenangkan persaingan dan menguasai pasar
Proses Produksi
KSF FUNGSI PRODUKSI
1. Pemilihan bahan baku dan suplier -> PEMBELIAN
2. Proses produksi -> PRODUKSI
3. Penyimpanan bahan baku dan barang jadi->
    LOGISTIK
4. Pengawasan mutu dan pengembangan -> R&I
5. Pemeliharaan -> TEKNIK
6. Perencanaan kebutuhan barang jadi hingga 
    kebutuhan bahan baku -> PPIC
Fungsi Pemasaran
Pertimbangan Konsumen
- Tahan lama
- Kekuatan konstruksi
- Desain
- Harga
- Kemudahan memasang
- Banyaknya variasi produk
- Warna
- Display di toko
- Ukuran
- Layanan yang diberikan
- Pengantaran
- Pemasangan
Tempat Pembelian
- Mal atau yang berdiri sendiri
- Hipermarket
- Toko Komputer
- Columbia
- Pameran furnitur
PDB Trianggle

Kunci Membangun Top Brand
1. Quality before price
2. Innovation before cost
3. Engagement before sales
Nine Core Of Marketing

KSF: Strategi Marketing

KSF: Taktik Marketing

Fungsi Keuangan
Pengelolaan Modal Kerja
Konsep Kuantitatif
Jumlah dana yang dibutuhkan untuk membiayai aktivitas perusahaan yang bersifat rutin
Rumus: Total Aktiva Lancar (Gross Working Capital)
Pengelolaan Modal Kerja

Konsep Kualitatif
Kelebihan aktiva lancar terhadap utang jangka pendek
Rumus: Total Aktiva Lancar – Total Utang Lancar (Net Working Capital)
Pengelolaan Modal Kerja
Konsep Fungsional
Dana yang dimiliki perusahaan yang digunakan untuk menghasilkan laba sesuai dengan usaha pokok perusahaan
Rumus: Kas + Piutang + Persediaan + Depresiasi
Kebutuhan Modal Kerja Berdasarkan Tingkat Operasi
Perusahaan dengan tingkat penjualan Rp120 juta / thn. HITUNG: Berapa modal kerja yang dibutuhkan jika rata-rata penjualan kredit 2 bulan dan 1 bulan dengan tingkat keuntungan (profit margin) sebesar 10%.
Kebutuhan Modal Kerja Berdasarkan Tingkat Operasi
Jika rata-rata penjualan kredit 2 bulan maka modal kerja yang dibutuhkan: (Rp120.000.000 / 6) x 0,9 = Rp18 juta
Jika rata-rata penjualan kredit 1 bulan maka modal kerja yang dibutuhkan: (120.000.000 / 12) x 0,9 = Rp9 juta
Manfaat Modal Kerja
·         Melindungi perusahaan dari krisis karena turunnya nilai aktiva lancar.
·         Kekurangan modal kerja dapat membuat perusahaan kesulitan membayar utang jangka pendek atau menangkap peluang-peluang yang menguntungkan.
·         Kelebihan modal kerja akan mengurangi keuntungan perusahaan karena modal kerja harus dibiayai sumber-sumber yang memerlukan biaya seperti pinjaman dengan tingkat bunga tertentu.

0 komentar:

Post a Comment